10 Manusia Terberat di Dunia


10 Fakta – KITA semua tahu, obesitas bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, tetapi juga mengundang banyak penyakit. Mungkin Anda pernah melihat atau mendengar manusia dengan berat badan 100 – 200 kg. Tapi pernahkah melihat atau mendengar manusia dengan berat badan lebih dari 500 kg. Bagaimana mereka menjalani kehidupannya? Yuk, kita lihat sepuluh manusia terberat di dunia berikut.
1. PAUL MASON


Paul Mason, lelaki asal Inggris berusia 50 tahun, pernah tercatat sebagai manusia tergemuk di dunia. Saat itu, berat badannya mencapai 980 lbs (408 kg). Namun setelah menjalani operasi by pass, kini beratnya sudah turun menjadi 560 lbs (254 kg).
Menurut Mason, tubuhnya dulu bisa gembrot lantaran mengkonsumsi makanan, yang ketika diukur ternyata rata-rata mengandung 20.000 kalori setiap harinya.



2. DONNA SIMPSON
Donna Simpson, perempuan Amerika Serikat kelahiran tahun 1967, mempunyai obsesi aneh bin unik. Tahun 2008, dia  menyatakan keinginannya untuk menjadi wanita terberat di dunia. Untuk itu, berat badannya harus mencapai 450 kg. Berhasilkah?
Tidak! Pada bulan Juni 2010, Donna menimbang tubuhnya, ternyata baru mencapai 273 kg. Dia lalu terus berjuang untuk mencapai berat “impiannya”. Tentu saja perjuangan yang dilakukannya adalah harus banyak makan.
Untuk memenuhi kebutuhan makannya yang luar biasa, dia pun memperbarui situs webnya, di mana pengunjung  harus membayar untuk menonton aktivitas makannya.
Tetapi belum tercapai keinginannya, tahun itu pula Donna melahirkan anaknya. Guinness World Records menobatkannya sebagai “wanita melahirkan dengan bobot badan terberat di dunia.”
Hikmah kelahiran anaknya adalah membatalkan keputusan untuk menjadi wanita terberat di seluruh jagad ini. Pada Agustus 2011, dia memutuskan menjalani diet, dan berat badannya sekarang “tinggal” 170 kg. “Saya ingin menjadi lebih baik dalam mengurus dan membesarkan anak-anak,” kata Donna.

 
3. MANUEL URIBE
Manuel Uribe, pria asal Monterrey, Nuevo Leon, Meksiko, kelahiran 11 Juni 1965, pernah menderita obesitas morbid terbesar yang pernah ada dalam sejarah. Berat badannya mencapai 597 kg di tahun 2011, dan tidak bisa lagi meninggalkan tempat tidurnya.
Namanya kondang sejak Januari 2006, ketika dalam sebuah wawancara di televisi menolak tawaran operasi by pass lambung di Italia.
Namun ketika sudah tak bisa lagi bangkit dari pembaringan, dia menjadi sadar untuk segera berubah. Berkat bantuan diet dari dokter dan ahli gizi, Uribe kini berhasil menurunkan berat badannya hingga 2/3 dari bobot awal. Kini tubuhnya hanya berisi 181,8 kg daging, tulang, darah, dan cairan.

 
4. ROBERT EARL HUGHES
Robert Earl Hughes adalah manusia pertama yang memiliki berat badan hampir setengah ton, yaitu 486 kg (1.070 pon). Lelaki asal Baylis, Illinois, Amerika Serikat, ini lahir pada 4 Juni 1926. Umurnya memang pendek, 32 tahun, tapi penyebab kematiannya (10 Juli 1958) justru akibat penyakit campak yang diikuti gejala uremia.
Sejak kanak-kanak, pertumbuhan badannya memang luar biasa besar. Bayangkan, pada umur enam tahun, berat badannya tercatat 92 kg. Empat tahun berikutnya menjadi 171 kg.
Pada nisannya terdapat catatan bahwa Robert Earl Hughes adalah manusia terberat di dunia dengan bobot badan 1.041 pon (472 kg).

 
5. KENNETH BRUMLEY
Kenneth Brumley adalah salah satu manusia terberat di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Ia juga dijuluki “Half Ton Dad”. Ya, ayah empat anak ini memiliki berat badan 1035 pon (468 kg), atau hampir setengah ton.
Dalam sebuah film dokumenternya, Kenneth mengaku sudah empat tahun hanya tergolek di tempat tidur. Ketika ia harus menjalani operasi by pass lambung di RS Renaissance, Houston, kamar tidurnya harus dijebol dulu agar dirinya bisa keluar. Selain itu, mobil yang mengangkutnya juga bukan mobil biasa, melainkan… mobil pemadam kebakaran !!!
Di RS Renaissance, Kenneth dirawat tim spesialis yang pernah menangani Renee Williams: wanita terberat di dunia saat itu. Langkah pertama yang dijalaninya adalah diet 1. 200 kalori per hari, yang membuatnya berat badannya turun sebanyak 76 kg dalam waktu 40 hari.
Setelah itu, tim dokter melakukan pembedahan pada dua deposit besar jaringan lemak yang tumbuh di setiap kakinya. Operasi pertama terpaksa dibatasi setelah lima jam, karena diketahui ada tumor di kaki kanannya yang saat itu juga langsung diangkat. Tumor tunggal ini beratnya 19 kg.
Setelah penyembuhan beberapa hari, tim dokter mengeluarkan tumor lain yang tersisa dari kaki kiri, bersamaan dengan pengambilan deposit lemak di perut. Dari operasi kedua ini, berat badan kembali turun hingga 95 kg.
Jadi, setelah melalui dua operasi, bobot badan Kenneth yang semula 468 kg bisa diturunkan menjadi 354 kg. Selanjutnya, dia menjalani program diet ketat, yang secara drastis bisa menurunkan beratnya sebanyak 132 kg, sehingga menjadi 222 kg.
Sekarang kondisi Kenneth sudah jauh membaik. Karena bobotnya lebih ringan, dia sudah bisa berdiri meski hanya dibatasi beberapa menit saja dalam sehari.

 
6. MICHAEL HEBRANKO
Michael Hebranko, lahir pada tanggal 14 Mei 1953. Dia merupakan penderita obesitas morbid yang ekstrem. Namanya pun cukup dikenal di antara orang-orang terberat di dunia, dengan catatan 411 kg.
Setelah menjalani perawatan selama 19 bulan di RS St Luke’s, New York, AS, berat badannya tinggal 90 kg. Luar biasa memang ! Lingkar pinggangnya yang semula 2,9 meter akhirnya dapat dikempiskan menjadi 91 cm saja.
Nama Michael Hebranko tercatat dalam Guinness Book of World Records untuk kategori “penurunan berat badan tertinggi” (1990). Semua ini berkat operasi pengangkatan lemak dan program diet yang dibimbing Dr Richard Simmons.
Setelah itu, Micahel aktif berkeliling Amerika Serikat, untuk memberi ceramah tentang pengalaman  dietnya. Dia juga beberapa kali muncul dalam talk show di televisi, seperti The Howard Stern Show.
Namun, tujuh tahun kemudian, berat badannya kembali naik hingga 453 kg dan harus beberapa kali dirawat di Pusat Rehabilitasi dan Perawatan Kesehatan di Brookhaven. Pada Juni 1999, berat badan Michael mencapai puncaknya, tepat 500 kg.

 
7. MAYRA ROSALES
Mayra Rosales, wanita asal Texas, pernah terselamatkan dari kasus kriminal karena bobot badannya yang super. Pasalnya, dia dituduh melakukan pembunuhan terhadap kepondakannya yang berumur 2 tahun.
Perkaranya kemudian disidangkan di Pengadilan Texas. Hakim kemudian memutuskan Mayra tidak mungkin melakukan tindakan keji seperti itu. Kenapa?
Sebab dengan berat badan 453 kg, Mayra tidak mampu mengangkat lengannya sendiri. Jadi, tidaklah mungkin dia bisa menganiaya keponakannya hingga meninggal.

 
8. JON BROWER MINNOCH
Jon Brower Minnoch (1941 – 1983) merupakan orang pertama di dunia yang memiliki berat badan di atas 500 kg. Bobot badan lelaki asal Bainbridge Island bahkan mencapai 635 kg pada tahun 1979.
Sebagaimana penderita obesitas lainnya, Joe merasa tersiksa akibat perut buncitnya yang berukuran raksasa. Untuk memindahkannya dari tempat tidur diperlukan 13 orang sekaligus.
Mantan supir taksi ini pernah melakukan diet 500 kalori / hari. Namun dia tetap tersiksa, karena diet ini justru melemahkan otot-ototnya. Joe akhirnya meninggal pada 10 September 1983, dengan berat 362 kg, dengan meninggalkan dua anak dan seorang istri bernama Jeannette.

 
9. TERRI SMITH
Terri Smith pernah tercatat sebagai perempuan tergemuk di dunia, dengan berat 700 lbs (317,5 kg) pada tahun 2010. Saat itu, dia dinyatakan sebagai wanita terberat di dunia, meski rekor ini kemudian terpecahkan beberapa wanita lain.
Pada umur 20 tahun, berat badannya masih 114 kg. Bahkan ia masih aktif bekerja di klinik kesehatan jiwa. “Aku dulu bekerja di klinik, membantu mencuci, memberi makanan, dan mengenakan pakaian kepada pasien ganggaun jiwa,” kata wanita yang tinggal di Ohio, Amerika Serikat.
Tetapi tubuhnya terus membengkak, sehingga tak bisa lagi bergerak, apalagi berdiri. Hidupnya hanya dihabiskan di tempat tidur. Untuk melakukan sesuatu, dia hanya bisa meminta bantuan suaminya, Myron, dan putri sulungnya, Najah.
Saat ini Terri mulai rajin melakukan olahraga, serta menyantap menu sehat, demi menurunkan berat badannya.
 
10. DZHAMBIK KHATOKHOV
Nama Dzhambik Khatokhov tercatat sebagai anak tergemuk di dunia. Bocah berumur 11 tahun asal Kabardino-Balkaria, Rusia, ini memiliki berat 147 kg.
Saat dilahirkan, beratnya 2,7 kg, alias normal sebagaimana bayi-bayi lainnya. Namun saat merayakan ulang tahun pertama, beratnya mencapai 12 kg, dan ini jelas tidak normal.
Tahun demi tahun berganti, bobotnya terus membengkak. Apalagi setelah ia keranjingan menyantap bubur dan es krim secara berlebihan.
Sang ibu, Nelya, tidak terlalu mengkhawatirkan kondisi Dzhambik, “Ia sedang tumbuh. Apa yang bisa saya lakukan? Dia adalah dirinya sendiri, dan begitulah bagaimana Tuhan menciptakannya,” jawab Neyla santai.
Karena berat badannya yang luar biasa, Dzhambik kini menjadi salah satu figur terkenal di Rusia. Dia sering diundang dalam berbagai program televisi.

Artikel terkait



2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...