10 Penjara Terburuk di Dunia


10 Fakta – PIKIRAN tentang masuk penjara pastinya cukup menakutkan bagi semua orang, apalagi dengan cerita horor yang Anda baca di suratkabar dan buku dan yang Anda tonton di TV.

Penikaman, pembunuhan, kekejaman, pemerkosaan geng dan sejumlah horor lainnya disiarkan secara meluas oleh orang-orang yang telah menghabiskan waktu di dalam penjara. Tentunya, semua itu bukan kisah penjara yang dibuat-buat, karena Anda belum sering mendengar mengenai penjara seperti itu yang belum ada perubahan dari tahun ke tahun, tapi namanya akan tetap muncul sepanjang masa.
Penjara tertentu, tua dan baru, terkenal karena kekejaman dan dengan mudahnya membuat kisah horor itu menjadi kenyataan. Berikut adalah daftar 10 penjara terburuk di dunia.

1. ADX, Colorado 


Inilah penjara paling hebat. Sejak dibuka tahun 1994, ADX bukan apa-apa selain tempat penyiksaan secara perlahan dan tidak manusiawi. Meskipun masih ada yang lebih buruk dari yang terburuk, pemrotes HAM dari seluruh dunia telah menargetkan gedung ini. Tahanan hanya dibolehkan keluar dari sel selama 9 jam setiap minggu dan jarang berinteraksi dengan orang-orang. Hanya sedikit sinar matahari dan Anda harus melakukan segalanya di dalam sel. Bila ada cara untuk menghancurkan harapan seseorang, maka ADX punya cara tersebut!

2. Penjara Militer Tadmor, Syria
Ini merupakan salah satu penjara paling brutal yang pernah ada. Penyiksaan, eksekusi dan kebrutalan yang tak terungkap berjalan di balik dinding-dinding tebalnya. Metode penyiksaan abad pertengahan juga dilaporkan terjadi. Orang tak bersalah maupun bersalah diseret dengan tali hingga mati, dipukuli sampai mati dengan pipa dan dicincang-cincang dengan kapak. Tetapi, ini belum seberapa dibanding dengan pembantaian 27 Juli 1980. Sekitar 500 tahanan dibunuh tanpa sebab oleh penjaga dan komandan. Ini merupakan pembantaian paling buruk yang pernah terjadi dalam jenisnya.
Faraj Beraqdar, seorang penyair Syria, dan tahanan lima tahun, menggambarkan penjara militer Tadmor sebagai: “Kerajaan kematian dan kegilaan.” Human Rights Watch kurang memerhatikan hal ini tapi mengutuk fasilitas mengerikan ini. Badan ini menyimpulkan: “Penjara militer Tadmor terkenal di seluruh Syria karena penyiksaan brutal dan ekstrem… pelanggaran HAM berat terjadi di penjara militer Tadmor sejak awal 1980-an, mulai dari kematian karena disiksa hingga eksekusi dalam skala besar.”

3. Lembaga Pemasyarakatan Carandiru, Brazil
Pembantaian penjara, HIV, penyiksaan yang diizinkan… Apapun yang Anda bayangkan dari sebuah penjara, mereka punya semuanya. Seperlima dari 7.500 tahanan mengidap HIV dan mayoritas dari mereka tidak mengidapnya ketika pertama masuk melintasi gerbang penjara. Selain itu, bila mereka perlu melakukan bedah, maka lupakan obat bius. Tampaknya, obat bius adalah sesuatu yang sangat mewah, pasien pun dioperasi tanpa dibius. Malahan, mereka dibiarkan berteriak. Sampai saat ini masih ada pembantaian atau pemberontakan yang tentunya tidak terlalu menyakitkan.

4. Penjara La Sante, Perancis
La Sante terkenal karena jumlah korban bunuh dirinya, dengan 124 kejadian bunuh diri terjadi dalam tahun 1999 saja. Tahanan memakan racun tikus untuk keluar dari rasa tersiksa di sana. Beberapa tahanan menjadi budak, lainnya hanya meninggalkan sel selama 4 jam sehari dan kekejamannya begitu mengerikan. Blok penghukuman tidak diberi suplai air dan banyak yang dibiarkan di sana berhari-hari karena pelanggaran yang cukup ringan saja. Perlakuan ini tidak manusiawi bila kita bayangkan.

5. Penjara La Sabeneta, Venezuela
Dengan 1 penjaga bagi 150 tahanan di sini, pantas saja ini merupakan salah satu penjara terburuk di Bumi saat ini. Korupsi dan suap terus berjalan, dan itu cuma stafnya saja! Tahanannya lebih buruk dengan 624 tahanan terluka dan 196 dibunuh di balik dinding-dindingnya dalam tahun 1995 saja. Ya, semuanya terjadi dalam satu tahun! Tahun sebelumnya, 108 tahanan tewas dalam sehari ketika para tahanan terlibat dalam pertempuran senjata… antara mereka sendiri. Bagi saya, penjara ini bukan tempat yang baik.

6. Rikers, New York
5 tahun yang lalu, penjara ini bisa jadi menempati nomor 1 dalam daftar ini, tapi reformasi terkini telah memaksa pembaruan yang dramatis sehingga penjara ini sedikit lebih jinak dari sebelumnya. Contohnya, 70 penikaman yang terjadi setiap tahun saat ini dibandingkan dengan 1.000 penikaman setiap tahun satu dasawarsa yang lalu. Kekejamannya sangat legendaris dan penjaga melaporkan bahwa mereka hidup gelisah. Meskipun bukan ini lagi kasusnya, tapi hantu yang akan menghantui penjara ini selamanya.

7. Penjara Diyarbakir, Turki
Inilah penjara yang nyaman. Dengan anak-anak dipenjara seumur hidup dan penjaga menjadi otak di balik serangan terhadap penjara ini, sesungguhnya bukanlah penjara yang aman. Tahanan banyak yang dikelompokkan sebagai tahanan politik sehingga tidak memiliki hak apapun. Ini tampaknya terdengar seperti Era Kegelapan kecil, dan memang benar. Penjaga melakukan apapun sesuka hati, seperti serangan terhadap 33 tahanan tahun 1996 yang membuktikannya. 10 tewas dan 23 luka-luka, semuanya karena pihak berwenang.

8. Penjara Negara Bagian San Quentin, California
Sebagai salah satu penjara terkenal di dunia, San Quentin dikaitkan dengan kekejaman, eksekusi dan para kriminal terburuk di antara yang terburuk di California hingga saat ini. Penjara ini memiliki 1500 karyawan dan mereka masih belum bisa mengontrol para tahanan. Kerusuhan Februari 2006 adalah salah satu contohnya. Serangan rasial mengakibatkan 100 tahanan luka berat dan 2 tewas. Bukan ini saja insiden yang ada, tapi itu semua hanyalah contoh besar apa yang sedang terjadi di balik dinding-dindingnya.

9. Penjara Mendoza, Argentina
Bukanlah kekejaman yang perlu Anda khawatirkan di sini, tapi kondisi yang harus Anda jalani bila dikirim ke sana. Penjara ini seharusnya melayani 600 tahanan, tapi kenyataannya ada 1000 lainnya yang ada di penjara ini. Jadi, terlalu padat juga mengerikan. Tetapi bukan artinya Anda tidak mengalami penyiksaan yang padahal Anda akan mengalaminya pada suatu waktu.

10. Penjara Nairobi, Kenya
Sejumlah penjara sedang melakukan perjalanan menuju daftar penjara terburuk tidak hanya karena kekejamannya, tapi juga karena kondisi bahwa mereka mengurung tahanan pada tahun pertama dan tahun terakhir. Tahanan di sini diharuskan telanjang dan terinfeksi oleh penyakit mengerikan yang membunuh mereka perlahan. Terlalu padat tahanan berarti mereka tidak dapat bantuan medis yang dibutuhkan dan sebagian besar tewas secara tersiksa.

Artikel terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...