10 Candi Hindu Paling Indah di Dunia


HINDUISME adalah salah satu agama tertua di dunia, dan memiliki lebih dari 900 juta pengikut di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar umat Hindu tinggal di India, ada juga sejumlah pengikut Hindu dengan jumlah yang cukup banyak di Nepal, Bangladesh dan negara kita, Indonesia. Bangunan Hindu di India dimulai hampir 2000 tahun yang lalu dan menandai transisi Hindu dari agama Veda. Arsitektur candi Hindu telah berkembang dan terdiri dari berbagai macam gaya. Candi-candi Hindu biasanya didedikasikan untuk salah satu Dewa Hindu utama dan mengandung Murti (citra suci) dari Dewa. Walaupun tidak wajib bagi seorang Hindu untuk mengunjungi sebuah candi Hindu secara teratur, candi-candi tetap memainkan peran penting dalam masyarakat dan budaya Hindu.

1. Tanah Lot


Terletak di atas sebuah batu karang besar, Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu yang paling terkenal di Bali, dan mungkin juga pura yang paling sering difoto. Tanah Lot telah menjadi bagian dari mitologi Bali selama berabad-abad. Pura di Tanah Lot sendiri adalah salah satu dari 7 candi laut, yang membentuk rantai sepanjang pantai barat Bali.

2. Candi Kanchipuram

Kota 1000 Candi, Kanchipuram, adalah salah satu kota tertua di India Selatan, dan dikenal karena candi kuno Hindu dan sari sutranya. Kota ini berisi beberapa candi besar seperti Candi Varadharaja Perumal untuk Dewa Wisnu dan Candi Ekambaranatha yang merupakan salah satu dari lima bentuk tempat tinggal Dewa Syiwa.

3. Candi Brihadeeswarar

Candi Brihadishwara, yang terletak di Thanjavur, India, dibangun oleh Raja Chola yaitu Rajaraja I pada abad ke-11. Candi ini merupakan candi pertama di dunia yang keseluruhannya dibangun dari batu granit. Brihadishwara adalah contoh brilian dari gaya arsitektur candi Dravida. Menara candi ini memiliki tinggi 66 meter sehingga menjadi salah satu candi tertinggi di dunia.

4. Khajuraho

Desa Khajuraho merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di India. Di desa ini banyak terdapat candi Hindu dan Jain dengan patung erotisnya. Candi-candi disini dibangun selama rentang waktu 200 tahun, sejak tahun 950 sampai tahun 1150. Beberapa candi didedikasikan untuk Dewa Jain dan sisanya untuk Dewa Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.

5. Banteay Srei 

Meskipun secara resmi merupakan bagian dari kompleks Angkor Wat, Banteay Srei terletak 25 km di timur laut dari kelompok utama candi Angkor Wat. Candi Hindu ini selesai pada tahun 967 dan dibangun sebagian besar dari batu pasir merah, media yang cocok untuk ukiran dinding dekoratif rumit yang masih jelas terlihat saat ini. Banteay Srei adalah satu-satunya candi utama di Angkor yang tidak dibangun untuk raja, melainkan dibangun oleh salah satu penasihat raja RaJendravarman, yaitu Yajnyavahara.

6. Sri Ranganathaswamy

Didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (salah satu bentuk Dewa Wisnu), Sri Ranganathaswamy di Srirangam, India adalah sebuah candi penting yang menerima jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Dengan luas 156 hektar, Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kompleks keagamaan terbesar di dunia.

7. Candi Virupaksha

Candi Virupaksha di kota Hampi di India dimulai sebagai sebuah candi kecil dan tumbuh menjadi sebuah kompleks besar di bawah penguasa Wijayanagara. Diyakini bahwa candi ini telah berfungsi tanpa terputus sejak candi kecil yang dibangun pada abad ke-7 yang membuatnya menjadi salah satu candi Hindu tertua yang masih berfungsi di India. Menara pintu masuk candi terbesar memiliki tinggi 50 meter.

8. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Terletak sekitar 18 km sebelah timur Yogyakarta. Candi Prambanan memiliki tiga candi utama yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, Brahma, dan Syiwa dan dibangun sekitar tahun 850 oleh Kerajaan Mataram Kuno.

9. Candi Meenakshi Amman

Candi Meenakshi Amman merupakan salah satu candi Hindu yang paling penting di India, yang terletak di kota suci Madurai. Candi ini didedikasikan untuk Sundareswar (bentuk Dewa Syiwa) dan Meenakshi (bentuk Dewi Parwati). Di kompleks ini terdapat 14 menara megah termasuk dua Gopuram emas untuk Dewa utama, yang dipahat dan dicat dengan rumit. Candi ini adalah simbol yang signifikan bagi rakyat Tamil, dan dibangun pada awal abad ke 17.

10. Angkor Wat 

Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti "Kota Candi", adalah sebuah kompleks candi yang luas di Kamboja yang menampilkan sisa-sisa kemegahan ibukota dari kerajaan Khmer, dari abad 9 hingga abad ke-15 Masehi. Di dalam kompleks ini terdapat Candi Angkor Wat yang terkenal, monumen tunggal keagamaan terbesar di dunia, dan candi Bayon di Angkor Thom dengan banyaknya permukaan batu besar. Selama sejarahnya yang panjang, Angkor mengalami beberapa kali perubahan untuk mengkonversi agama Hindu menjadi Buddhisme.

Sumber

Artikel terkait



1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...